Selasa, 24 April 2012

Hijrah: Upaya Membangun Kualitas Manusia


Hijrah sebagai Upaya Membangun Kualitas Manusia


A.  Arti Hijrah
Hijrah secara bahasa berasal dari bahasa Arab berasal dari kata"hajaro-yahjuru", yang memiliki beberapa arti, berikut arti Hijrah yang terdapat dalam Alquran diantaranya :

  1. Meninggalkan, 
·   QS Al-muddasir 5 :  وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ   dan tinggalkanlah segala (perbuatan) yang keji
·   QS Almuzammil 10 :  وَاصْبِرْ عَلَى مَايَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْرًا جَمِيلاً Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkanlah mereka dengan cara yang baik.

  1. Memutuskan Hubungan,
·   QS Maryam 46 :  قَالَ أَرَاغِبٌ أَنتَ عَنْ ءَالِهَتِي يَآإِبْرَاهِيمُ لَئِن لَّمْ تَنْتَهِ لأَرْجُمَنَّكَ وَاهْجُرْنِي مَلِيًّا Dia (ayahnya) berkata, “Bencikah engkau kepada tuhan-tuhanku, wahai Ibrahim? Jika engkau tidak berhenti pasti engkau akan kurajam, maka tinggalkanlah aku untuk waktu yang lama.”

  1. Menjauhi,
·   QS An-nisa 34 :  ... وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنّ َ ...  tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka

  1. Berpindah Tempat,
·   QS Al-hasyr 9 :   وَالَّذِينَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَاْلإِيمَانَ مِن قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ... Dan orang-orang (Anshar) yang telah menempati kota Medinah dan telah beriman sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah (pindag tempat) ke tempat mereka.
  1. Berkata tidak karuan (Mengabaikan),
·   QS Al-furqon 30 :      وَقَالَ الرَّسُولُ يَارَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْءَانَ مَهْجُورًا Dan Rasul (Muhammad) berkata, “Ya Tuhan-ku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan al-Quran ini diabaikan.”

B.  Hijrah dalam Tarikh Rasul
Hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah (2 Rabi'ul-awwal tahun ke-13 dari kenabian) adalah: Meninggalkan tempat atau keadaan yang tidak baik menuju ke tempat atau keadaan yang lebih baik (Quraish Shihab). Hijrah tersebut untuk menghindari gangguan kafir Quraisy Mekah menuju tempat yang lebih aman. Untuk memberi gambaran tentang alasan Rasulullah Hijrah dari Makkah ke Madinah, berikut ini  sejarah singkat Nabi Muhammad periode Mekah ( tahun 1-12 Kenabian)
Setelah Muhammad menerima wahyu melalui Jibril (diangkat menjadi nabi/rasul), Rasulullah melakukan da'wah sbb:
·         secara sembunyi di kalangan keluarga
·         secara terang-terangan untuk masyarakat
·         menjadikan musim haji sebagai kesempatan dakwah kepada orang yang datang dari berbagai tempat di jazirah Arab
Da'wah Rasul tersebut mendapat dukungan kuat dari keluarga dan beberapa orang pengikut. Tetapi Kaum Quraisy menentangnya dengan beberapa alasan al:
·         dianggap menyaingi kekuasaan
·         mengajarkan penyamaan hak dan menghapus kasta
·         menghapus taqlid pada nenek moyang
·         menghilangkan perniagaan patung
·         mengajarkan hari kebangkitan, dan alasan lain yang merugikan kaum musyrikin.
Perlawanan Quraisy terhadap dakwah Nabi dilakukan dengan cara-cara :
·         intimidasi kepada hamba sahaya, orang-orang lemah (anak-anak, wanita, usia lanjut) yang telah masuk Islam
·         menuduh Nabi sebagai penyebab perpecahan umat, sehingga nabi dianggap sebagai musuh utama
·         membaikot Bani Hasyim sepeninggalnya Abu Tholib
·         mengingkari peristiwa Isra dan Mi'raj dengan menuduh Nabi sebagai pendusta
·         merencanakan membunuh Nabi
Strategi Nabi dalam menghadapi perlawanan Quraisy
·         menyebarkan ajaran Islam secara terus menerus, sampai berhasil mempengaruhi "orang kuat" Quraisy masuk Islam, diantaranya: Hamzah dan Umar bin Khottob.
·         menganjurkan kepada pengikutnya untuk pindah tempat (Hijrah). Tempat yang dipilih adalah Habasyah, karena rajanya terkenal adil yaitu " Najasyi"
·         perluasan areal dakwah keluar Mekah antara lain ke : Thaif dan Yatsrib (kemudian menjadi Madinah)
·         setelah memperoleh pengikut di Yatsrib nabi beserta para sahabat kemudian hijrah ke Yatsrib (Madinah)

C.  Hikmah Hijrah
Dari uraian di atas dapat diambil beberapa pelajaran, hikmah atau ibroh, yaitu hijrah merupakan upaya meningkatkan kualitas manusia untuk menjadi hamba Allah dan Khalifah di muka bumi. Dari peristiwa hijrah, berikut ini beberapa semangat yang harus dimiliki setiap muslim, yaitu :
·         kemauan keras atau tekad
·         tahan derita (tabah)
·         sabar (tidak putus asa)
·         antisipatif
·         loyalitas, kesetiaan
·         siap berkorban
·         itsar, memikirkan kepentingan orang lain
"Hijrah" dilakukan oleh nabi dan para sahabat secara terus-menerus, sehingga selalu ada kemajuan. Karena setelah hijrah terhenti, terjadilah kemunduran umat Islam

D.  Penanggalan Hijriyyah
Peristiwa hijrah ke Madinah oleh Umar bin Khottob dijadikan tonggak bersejarah dengan penamaan penanggalan/kalender/almanak Qomariyah yang telah ada sebelumnya menjadi penanggalan Hijriyyah, alasan Umar tersebut antara lain:
·   Peristiwa Hijriyyah merupakan peristiwa yang sangat berpengaruh pada penyebaran Islam, karena setelah hijrah penyebaran ajaran Islam mengalami kemajuan yang sangat pesat.
·   Keberhasilan Dawah Rasul tersebut karena Rasul berhasil membina kualitas manusia (para sahabat) yang mau berhijrah (melakukan perubahan)
Dasar-dasar penanggalan Hijriyyah:
·   Perjalanan waktu di bumi didasarkan pada peredaran bulan dan matahari sebagai sunnatullah, QS Yunus 5 :
  هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ
·   Bulan & Matahari dapat dihisab, QS Arrahman 5 :  الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ   
·   Dalam setahun terdapat 12 bulan, QS At Taubah 36 :
  إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّماَوَاتِ وَاْلأَرْضَ
Catatan:
Penanggalan atau tarikh Hijriyyah ditetapkan oleh khalifah 'Umar ibn Khattab. Dan berlaku mulai 20 Jumadi al-tsani 17 H. Permulaan tahun Hijrah ditetapkan sama dengan "tahun hijrah"nya Rasulullah ke Madinah.
Menurut penelitian, Rasulullah berangkat hijrah dari Makkah hari Selasa, 2 Rabi'ul-awwal tahun ke-13 dari kenabian (14 September 622 M), sedangkan tanggal 1 Muharram 1 H bertepatan dengan hari Kamis, 15 Juli 622 M. Jadi tidak benar bahwa Hijrah nabi tanggal 1 Muharram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar